Layanan online untuk pemesanan hanya sampai pukul 17:00 WIB

Sudahkah Kamu Tahu Perbedaan AHA dan BHA?

perbedaan-aha-dan-bha-sudahkah-kamu-tahu
Bagikan via Whatsapp!
Jeju Forest Soap -

Mungkin beberapa di antara kalian sering mendengar istilah AHA dan BHA dalam dunia skincare. Sebenarnya, apa sih AHA dan BHA serta perbedaannya? Apakah kedua kandungan tersebut sangat penting dalam skincare? Nah, AHA dan BHA merupakan salah satu bentuk eksfoliasi chemical. Sifat kedua kombinasi Acid ini dapat mengatasi permasalahan kulit kamu, lho Jejuholics. Tetapi, sudahkah kamu tahu perbedaan AHA dan BHA?

Sebelum mengetahui perbedaan antara AHA dan BHA, kamu patut mengetahui lebih dahulu pengertian, kandungan, dan manfaat dari kedua jenis kelompok asam hidroksi tersebut. Without any further due, let’s get to it!

Pengertian dan perbedaan antara AHA dan BHA?

AHA merupakan singkatan dari alpha hydroxy acid sedangan BHA adalah singkatan dari beta hydroxy acidKeduanya dapat kita temukan dalam skincare, misalnya: produk pembersih wajah, serum, pelembap, scrubpeel, dan masker wajah. Selain mengangkat sel kulit mati, terdapat beberapa manfaat lain dari AHA dan BHA, seperti:

  1. Mengurangi peradangan yang menjadi penanda utama jerawat, rosacea, dan masalah kulit lainnya
  2. Meratakan warna kulit
  3. Mengurangi pori-pori yang membesar dan kerutan pada wajah
  4. Memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan
  5. Melancarkan pori-pori untuk mencegah jerawat

Baik AHA maupun BHA memiliki kandungannya masing-masing. AHA memiliki beberapa kandungan senyawa seperti asam glikolat (dari tebu), asam laktat (dari susu), asam malat (dari apel), dan asam sitrat (dari jeruk). AHA jugatermasuk asam yang dapat larut dalam air. Sedangkan BHA memiliki kandungan senyawa seperti asam salisilat yang terkenal untuk mengatasi jerawat dan asam sitrat yang berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati dan mengendalikan produksi minyak berlebih.

Dibandingan dengan BHA, AHA yang terdiri dari glycoliclactictartariccitricmalic, dan mandelic dipercaya lebih aman untuk semua jenis kulit. Namun, jika kulitmu kering, pilih AHA dengan kandungan lebih tinggi, agar kulitmu dapat terjaga kelembabannya. AHA yang kamu pilih harus memiliki konsentrasi maksimum antara 10% – 15% karena konsentrasi yang lebih dari 15% berpotensi mengiritasi kulit. Selain itu, produk AHA akan membuat kulit sensitif terhadap matahari. Oleh karena itu, setelah mengoleskan produk AHA, selalu gunakan tabir surya jika kamu beraktivitas di luar rumah.

Jika kulitmu berminyak (oily), memiliki permasalah kulit seperti jerawat dan kerusakan akibat sinar matahari, sebaiknya pilihlah kandungan BHA yang lebih tinggi. Kelebihan dari BHA adalah senyawa ini tidak membuat kulit sensitif terhadap matahari setelah pemakaian. Namun, kamu tetap harus menggunakan tabir surya agar tidak merusak kembali wajah yang sudah diperbaiki oleh BHA.

Apakah AHA dan BHA dapat dikombinasikan pada saat pemakaiannya?

Beberapa produk ada yang mengandung AHA dan BHA sekaligus. Namun, kamu tidak disarankan untuk mengaplikasikan produk tinggi AHA kemudian melapisinya juga dengan produk yang tinggi dengan BHA karena keduanya sama-sama eksfoliator dan hal ini dapat menimbulkan kekeringan dan iritasi pada kulit wajahmu. Cara yang tepat jika kamu ingin menggunakan produk AHA dan BHA, maka gunakanlah secara bergantian, seperti:

  1. Pagi hari – gunakan produk AHA dan malam hari – gunakan produk BHA
  2. Hari pertama – gunakan produk AHA dan hari kedua – gunakan produk BHA

AHA dan BHA yang digunakan pada kulit bersih akan jauh lebih efektif. Dalam hal ini, setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner. Pada saat mengaplikasikan AHA, pastikan kulit kamu sudah bebas minyak, terutama jika kamu menggunakan cleansing oil untuk membersihkan wajah sebelum menggunakan produk. Tunggu hingga kulit telah benar-benar kering untuk memaksimalkan eksfoliasi, sekitar 3 – 5 menit. Pada saat mengaplikasikan BHA, kamu bisa langsung menggunakan produk tanpa perlu menunggu kulit hingga kering karena komponennya yang mudah larut dalam minyak.

Nah, bagaimana Jejuholics? sudah tahu kan pengertian, manfaat, dan perbedaan seputar AHA dan BHA? Intinya adalah peran produk yang mengandung AHA dan BHA sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu. Selamat mencoba yaaa!

Baca juga:

  1. Apa itu Mascne dan Bagaimana Cara Mencegahnya?
  2. 4 Rahasia Merawat Rambut Rusak
  3. Cara Simple untuk Mengetahui Jenis Kulit Wajahmu


Masih kesulitan dan membutuhkan bantuan Customer Service?

@jejuforestsoap2020 All Rights Reserved